Breaking News

MENRISTEKDIKTI RESMIKAN WAHANA BARU PP-IPTEK, Self Balancing Wheel dan Stereo Visual



Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tanggal 20 April 2018 meresmikan 2 (dua) wahana baru spektakuler di Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK). Peresmian 2 (dua) wahana baru PP-IPTEK, yakni Self Balancing Wheel dan Stereo Visual akan dilakukan oleh Menristekdikti Bapak Mohamad Nasir dimulai pada pukul 10.00 WIB di gedung PP-IPTEK yang berlokasi di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta sebagai rangkaian kegiatan Indonesia Science Day (ISD) 2018.

Wahana Stereo Visual merupakan wahana peragaan di PP-IPTEK yang bertema pada penglihatan stereo manusia (stereo vision) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pengunjung tentang teknologi visual dan menginspirasi pengunjung untuk mengembangkan teknologi ini  di  masa yang akan datang.  Wahana Stereo Visual terdiri atas 24 peragaan di dalamnya, dimana pengunjung dapat belajar tentang prinsip penglihatan secara stereo dan prinsip animasi 2D – 4D, dimulai dari mata melihat suatu benda dan  membentuk bayangan dalam 1-3 Dimensi, mengenal vector dan raster, menentukan kedalam suatu benda dan jarak benda berdasarkan bidang pandang, bagaimana warna terbentuk dan prinsip filterisasi warna serta membentuk obyek dengan menggunakan printer 3D yang saat ini sedang tren dalam teknologi di Indonesia.
Selain Stereo Visual, Menristekdikti juga meresmikan Wahana Self Balancing Wheel yang merupakan alat peraga transportasi personal beroda satu atau lebih dengan mengunakan teknologi elektronik pintar (smart) untuk mengatur kesetimbangan orang yang menungganginya. Wahana ini terdiri atas 5 peragaan dengan menggunakan sensor giroskop untuk membaca orientasi dan mengatur kesetimbangannya serta terdapat peragaan yang dapat memperlihatkan bagian dalam Self Balancing Wheel sehingga pengunjung dapat mengetahui bagaimana alat peraga ini bekerja.
Peresmian kedua wahana baru ini dilakukan oleh Menristekdikti di area wahana Stereo Visual, dimana Menristekdikti mengayuh sebuah miniatur self balancing wheel dengan menggunakan kedua tangan sebagai remote untuk menjalankan sebuah robot kecil dan mengeluarkan suara sirine.
Dalam peresmian ini juga, Menristekdikti meresmikan wahana Junior Scientist Area yang merupakan kolaborasi antara PP-IPTEK dengan PT. Kalbe Farma, Tbk dalam kaitannya meningkatkan wawasan iptek anak-anak usia muda dan menginspirasi mereka dalam mengembangkan sebuah karya iptek.



Tidak ada komentar